Surat Pernyataan Bersedia Menjadi TPK

Pengertian Surat Pernyataan Bersedia Menjadi TPK



Surat pernyataan bersedia menjadi TPK atau Tenaga Penggerak Kelurahan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin menjadi penggerak di kelurahan tempat tinggalnya. Surat ini biasanya dibuat untuk mengajukan diri menjadi TPK pada sebuah program atau kegiatan pemerintah di tingkat kelurahan.


Manfaat Surat Pernyataan Bersedia Menjadi TPK



Membuat surat pernyataan bersedia menjadi TPK memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. Membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan kelurahan.
2. Menjalankan tanggung jawab sosial sebagai warga negara.
3. Meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan di kelurahan.
4. Memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi TPK.


Cara Membuat Surat Pernyataan Bersedia Menjadi TPK



Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat pernyataan bersedia menjadi TPK:
1. Buatlah surat dengan format resmi yang mencantumkan nama, alamat, dan nomor telepon.
2. Tuliskan pernyataan bersedia menjadi TPK secara singkat dan jelas.
3. Sertakan alasan mengapa ingin menjadi TPK dan keterampilan atau keahlian yang dimiliki yang dapat membantu dalam menjalankan tugas sebagai TPK.
4. Tambahkan kalimat pengakhiran yang menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan pihak kelurahan.
5. Tandatangani surat dan lampirkan fotokopi KTP.


Contoh Surat Pernyataan Bersedia Menjadi TPK



Berikut adalah contoh surat pernyataan bersedia menjadi TPK:
[Alamat Pengirim]
[Alamat Tujuan]
Kepada Yth.
Lurah [Nama Kelurahan]
di [Alamat Kelurahan]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: [Nama Lengkap]
Alamat: [Alamat Lengkap]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Bersedia menjadi Tenaga Penggerak Kelurahan (TPK) pada program atau kegiatan pemerintah yang diadakan di wilayah kelurahan yang saya tempati.
Saya memiliki alasan ingin menjadi TPK karena saya ingin memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di kelurahan ini. Selain itu, saya memiliki keterampilan dalam bidang [Tuliskan Keterampilan atau Keahlian yang Dimiliki] yang dapat membantu saya dalam menjalankan tugas sebagai TPK.
Saya menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan pihak kelurahan dalam menjalankan program atau kegiatan pemerintah tersebut.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat saya,
[Nama Lengkap dan Tanda Tangan]


Kesimpulan



Membuat surat pernyataan bersedia menjadi TPK adalah langkah awal untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan di kelurahan tempat tinggal kita. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan surat pernyataan tersebut dapat disetujui oleh pihak kelurahan dan kita dapat berperan aktif dalam menggerakan masyarakat di kelurahan.

close